Apakah Anda Lulus Ujian Nasional? Berikut Ketentuannya

Sabjan Badio

Apakah Anda ingin lulus Ujian Nasional? Ya, sama seperti siswa yang lain, menginginkan kelulusan. Hanya saja, perlu diketahui, lulus UN tidak menjamin Anda lulus sekolah. Ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan. Faktor-faktor ini kerap dilupakan oleh para siswa. Lulus-tidaknya seorang siswa, ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut.

A. Kelulusan dari Satuan Pendidikan

Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

  1.  menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
  2. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
  3. lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan 
  4. lulus Ujian Nasinal
B. Kelulusan Ujian  Nasional

  1. peserta didik dinyatakan lulus US/M  SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai  S/M.
  2. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari: 
    a.
           gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M  dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
    b.
          gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, dan SMALB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M  dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
    c.
           gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai  5 untuk SMK dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M  dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
  3. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
  4. Nilai Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah:
    a.
           gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teori Kejuruan dengan pembobotan 70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan 30% untuk nilai Ujian Teori Keahlian Kejuruan; 
    b.
          kriteria Kelulusan Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah minimum 6,0;
  5. NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 3 diperoleh dari gabungan Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN,  dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.
  6. Pembulatan nilai gabungan nilai S/M dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal, apabila desimal ketiga ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.   
  7. Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu desimal, apabila desimal kedua ≥ 5 maka dibulatkan ke atas. 
  8. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 5 mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).
  9. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud pada  A.
Jika semua kriteria tersebut terpenuhi, insya Allah Anda akan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan yang sekarang Anda tempuh.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Lulus dong! Alhamdulillah.

Siska mengatakan...

Komen di sini, berarti lulus :-)

Tulisan Populer Pekan ini