Kisi-kisi Soal Ujian Nasional (UN) 2011/2012 Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK) Semua Mata Pelajaran

Sabjan Badio

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan peraturan  No. 013/P/BSNP/XII/2011 tentang Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Khusus mata uji bahasa Indonesia SMP, berdasarkan peraturan tersebut, terdapat dua kompetensi utama yang diujikan, yaitu membaca dan menulis. Kedua kompetensi tersebut diuraikan menjadi 26 indikator (pada surat keputusan 25, setelah saya teliti, terdapat satu indikator yang digabungkan kolomnya dengan indikator lain). Berikut rincian kisi-kisi UN 2012.

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
2.
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Menulis rangkuman.
Menulis teks berita sesuai konteks.
Menulis slogan sesuai konteks.
Menulis iklan sesuai konteks.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Menulis teks pidato.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi pantun.
Melengkapi puisi.
Melengkapi naskah drama.

Kisi-kisi yang dikeluarkan BSNP ini sebenarnya sejalan dengan prediksi yang telah saya publikasikan pada 20 Nobvember 2011 lalu. Informasinya dapat dilihat di laman http://www.sabjanbadio.web.id/2011/11/skl-si-ujian-nasional-un-2012.html. Perbedaannya, pada tulisan saya tersebut kisi-kisi dijabarkan menjadi 50 jenis sementara pada versi resminya, peraturan BSNP No. 013/P/BSNP/XII/201 hanya dikelompokkan menjadi 26 jenis.

Ingin mengetahui langsung keputusan BSNP tersebut? Silakan periksa pada tautan http://bsnp-indonesia.org/id/bsnp/wp-content/uploads/2011/12/SK-BSNP-tentang-Kisi-kisi.pdf. Sesuai judul tulisan ini, data pada tautan tersebut meliputi semua mata uji pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Semoga bermanfaat!


2 komentar:

Siska Yuniati mengatakan...

Ujian sekarang sebenarnya jauh lebih enak. Kisi-kisi sudah ada, diles secara khusus, latihan berkali-kali. Kurang apa lagi?

SB mengatakan...

Mungkin karena terlalu enak, nilai kemandirian dan kerja keras pun menurun: semuanya pengen dilayanan, ketika pelayanan tidak maksimal, tidak ada yang bisa dilakukan dan didapakan.

Tulisan Populer Pekan ini