Pemenang Lomba Puisi Siswa-siswi SMP Ali Maksum Periode Januari 2012

hairlosophy.com
Menilai 25 puisi yang diseleksi dari ratusan puisi bukanlah perkara mudah. Pastilah ke-25 puisi tersebut merupakan karya-karya terbaik. Mengerucutkannya menjadi tiga puisi pilihan lebih sulit lagi. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk meningkatkan jumlahnya menjadi enam puisi pilihan, mulai juara pertama hingga juara harapan ketiga. Memilih enam puisi ternyata juga tidak kalah sulitnya. Akhirnya saya terpaksa melibatkan orang lain untuk memberi pertimbangan. Dengan harapan, tingkat objektivitas penilaian lebih tinggi lagi.

Pergulatan kemudian ternyata tetap terjadi, apalagi setelah pemilihan berakhir dengan sembilan puisi. Itu artinya masih ada tiga puisi lagi yang harus digeser. Dipenghujung pergulatan, kami hanya bisa mengucap basmalah, semoga usaha yang dilakukan benar adanya. Dengan catatan tentunya, yang tidak terpilih bukanlah puisi yang buruk. Inilah dia keenam puisi yang kami pilih sebagai pemenang.

No.
Nama Peserta
Judul Puisi
Keterangan
1.
Krishnamurti A.I.
"Suara Rakyat"
Juara I
2.
M Sidqi Kamal
"Hutan yang Lemah"
Juara II
3.
Ilham Muzzaki
"Ayah Jauh"
Juara III
4.
Ahmad Ali G.
"Raihlah"
Juara Harapan I
5.
A.M.S. Wafa
"Mimpi Putih"
Juara Harapan II
6.
Kinasih R. Dea
"Merpati"
Juara Harapan III

Bantul, 4 Februari 2012
Sabjan Badio


2 komentar:

Ario Antoko mengatakan...

jadi juri memang tidak mudah ketika harus memilih pemenang :)

Sabjan Badio mengatakan...

Setuju, Mas Ario. Pada tahapan tertentu, seorang juri, kadangkala harus melibatkan "unsur lain" ketika objektivitas terbentur oleh karya-karya yang semuanya bagus.

Tulisan Populer Pekan ini