Apa Arti Galau dan Siapa yang Memopulerkannya?

Sabjan Badio

Saya yakin, semua pengguna aktif jejaring sosial Facebook dan Twitter pernah membaca kata “galau” yang ditulis pada kedua jejaring sosial tersebut. Bahkan, kata galau ini akrab pula di telinga para pemirsa televisi. Kata yang sebenarnya sudah lama tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut tiba-tiba menjadi sangat terkenal. Muda-mudi pun sangat gandrung mengucapkannya, sedikit-sedikit galau, sedikit-sedikit galau.

Kata galau menjadi terkenal akibat ulah pemilik account Twitter @poconggg. Account ini mulai aktif  sejak tahun 2009 dengan tulisan-tulisan kocaknya tentang si pocong galau. Account yang semula misterius ini, ternyata dimiliki oleh seorang mahasiswa Trisakti bernama Muhammad Arief Yakoeb, kemudian dikenal sebagai Arief Muhammad.

Selain berkicatu di Twitter, sejak 2010 Arief Muhammad juga menulis di blog dengan nama domain sama dengan account Twitternya, yaitu www.poconggg.com. Pada tahun yang sama, Arief Muhammad pun menulis buku Poconggg Juga Pocong. Buku kocak yang bercerita tentang pocong yang dalam kehidupannya terpinggirkan karena tak mampu menunjukkan eksistensinya sebagai pocong yang seharusnya menakutkan itu, terbit pada Juni 2011 dan langsung menjadi best seller (identitas Arief Muhammad sendiri baru diketahui tiga bulan kemudian, tepatnya pada September 2011).

Oleh karena sangat terkenal, Maxima Picture pun tertarik mengangkat Pocong Juga Pocong menjadi film layar lebar dengan judul sama. Film ini kemudian dirilis pada 24 November 2011. Perjalanan @poconggg, www.poconggg.com, buku dan film Poconggg Juga Poconggg, membuat Arief Muhammad sangat terkenal dan kerap diundang dalam berbagai acara, dia pun sempat menghiasai layar kaca televisi Indonesia.

Lalu, apa sebenarnya arti galau? Sepanjang penelusuran saya, galau itu diartikan dengan banyak versi. Versi pertama, menganggap galau sebaga singkatan dari God Always Listening and Understanding. Versi kedua, mengartikan galau dengan sesuka hati, saya sampai kesulitan merangkumnya (dan memutuskan tidak perlu menjelaskannya). Versi ketiga, versi aslinya, yaitu versi KBBI. Dalam data KBBI Daring, galau didefinisikan sebagai berikut.
ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran)








Referensi 



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Aw. Tiba-tiba hari ini jadi galau. :-D

SB mengatakan...

Sama, dong. :-)

Tulisan Populer Pekan ini