Kunci Jawaban dan Pembahasan Simulasi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2012 Penerbit Erlangga (3)

Paket 3


1.    Gagasan utama paragaraf tersebut yaitu dikeluarkannya bibit unggul varietas Besatri oleh Batan. Pilihan A, C, dan D merupakan akibat yang ditimbulkannya dari dikeluarkannya varietas Bestari oleh Batan.
Jawaban B

2.    Simpulan bacaan tersebut yaitu bahwa pertengkaran orangtua berdampak negatif pada kehidupan anak. Pilihan A, bukan simpulan dari bacaan tersebut. Pilihan C, merupakan bagian dari simpulan, pilihan D, juga merupakan bentuk negatif dari perbuatan anak yang keluarga sering bertengkar.
Jawaban B

3.    Keistimewaan tokoh tersebut karyanya dijadikan lagu kebangsaan bangsa Indonesia, Indonesia Raya. Sedangkan pilihan-pilihan lainnya bukan suatu keistimewaan dari tokoh tersebut.
Jawaban C

4.    Sedangkan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut yaitu bermain musik dengan sungguh-sungguh. Hal seperti ini dapat diteladani oleh siapa saja. Sedangkan pada pilihan A, C, dan D tidak dapat diteladani semua orang.
Jawaban B

5.    Persamaan ide kedua artikel tersebut sama-sama mengemukakan tempat penginapan yang bernuansa unik. Pilihan A, B, dan C merupakan bagian dari keunikan itu sendiri.
Jawaban D

6.    Perbedaan penyajian kedua berita terletak pada pokok berita yang berhubungan dengan tempat berlangsungnya protes ( di mana). Pada berita 1 protes berlangsung di Pasar Bandarbuat, Padang, sedangkan pada berita 2 di Pasar Malaka, Marunda, Jakarta. Sedangkan pokok berita yang lain sama.
Jawaban C

7.    Kalimat fakta yang terdapat pada iklan tersebut ditunjukkan nomor (2). Bagian nomor (4) pernyataan sudah banyak sekali, menunjukkan sebuah pendapat, bagian nomor (5) kata dapat, menunjukkan pendapat, bagian nomor (6) kata boleh juga menunjukkan pendapat.
Jawaban A

8.    Maksud unkapan Spesial Jok Mobil yaitu memperbaiki dan membuat khusus jok mobil saja.
Jawaban C

9.    Letak kantor bupati yang tepat sesuai denah tersebut yaitu sebelah timur laut Jalan Jerapah Raya, sebelah selatan Jalan Gajah.
Jawaban C

10.  Dalam cerita tersebut perjalanan yang paling efektif dari Gedung DPRD ke Gedung Pertemuan, yaitu: dari Jln.Macan ke arah barat ke Jln. Badak setelah melewati Jln. Jerapah Raya sampailah di Gedung Pertemuan.
Jawaban B

11.  Penjelasan yang sesuai dengan grafik tersebut adalah pada pilihan A. Pilihan B, peningkatannya tidak sampai tiga juta ton, pilihan C dan D, tidak sesuai dengan fakta yang ada pada grafik.
Jawaban A

12.  Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel bahwa jumlah buku semua jenis lebih banyak dari jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku cerita anak) sedangkan pilihan D, bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.
Jawaban B

13.  Tema puisi tersebut tentang kekecewaan seseorang terhadap suatu keadaan. Perhatikan baris kedua bait pertama puisi tersebut.
Jawaban C

14.  Aku tak peduli kursi panasmu, kalimat ini merupakan majas metafora yaitu majas yang memperbandingkan sesuatu hal atau keadaan dengan hal atau keadaan lain yang memilki sifat yang sama.
Jawaban D

15.  Pesan yang terdapat pada kedua kutipan puisi tersebut yaitu pada puisi 1 pesan yang disampaikan adalah agar kita menjaga lapisan ozon supaya sinar matahari dapat disaring tidak langsung mengenai bumi, sedangkan pesan yang tedapat pada puisi 2 supaya kita lebih bersahabat lagi dengan alam agar alam dapat melindungi kita.
Jawaban B

16.  Latar tempat cerita tersebut yaitu di rumah Paingot, perhatikan bagian (2)
Jawaban C

17.  Sedangkan yang membuktikan Sere orang yang berwatak keras keinginannya terdapat pada ucapan Sere pada bagian (4).
Jawaban D
18.  Penggambaran tokoh Paingot terlihat pada ucapan-ucapannya saat bercakap-cakap dengan Sere.
Jawaban B

19.  19. Amanat kutipan cerita tersebut kita harus menyayangi semua makhluk hidup ini ditunjukkan oleh tokoh Jana.
Jawaban A

20.  Konflik dalam cerita merupakan puncak ketegangan di masalah sudah sampai titik kulminasi. Awalnya tokoh (Budi dan Iwan) kesal dengan Luki yang ingkar janji. Tetapi setelah berpikir lama akhirnya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.
Jawaban D

21.  Adat yang terdapat pada kutipan cerita tersebut. Pilihan A, B, dan D itu biasa di setiap daerah juga ada, tetapi ayam sesajian dimakan setelah dipercikan air itu hanya ada di daerah tertentu saja.
Jawaban C

22.  Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas.
Jawaban A

23.  Suasana dalam kutipan drama tersebut akrab. Ini terlihat dari dialog antartokohnya yang cukup akrab.
Jawaban A

24.  Latar tempat dalam naskah drama tersebut ruang tamu. Hal ini ditunjukkan pada petunjuk laku saat Hastien menanyakan Mas Burhan.
Jawaban A

25.  Ilustrasi tersebut maksudnya bagaimana suasana final futsal. Anton pemain andalah SMP Mahardika yang selalu dikawal ketat pemain lawan. Pada kesempatan dia lepas dari kawalan dia membuat gol untuk kemenangan SMP Mahardika. Pilihan A belum menghasilkan gol, pilihan B, kedudukan tidak sesuai dengan ilustrasi yang 0-0, pilihan C, waktu masih lama tidak sesuai dengan ilustrasi, setelah gol waktu habis.
Jawaban D

26.  Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut bahwa cahyono mengajak temen-teman alumni untuk membantu melangkapi isi perpustakaan tersebut.
Jawaban B

27.  27. Paragraf penutup yang tepat untuk melengkapi surat tersebut harus berupa surat balasan (pilihan C). Pilihana A (pemberitahuan), pilihan B dan D (undangan), itu semua tidak sesuai dengan isi surat.
Jawaban C

28.  Menyusun sebuah laporan harus diperhatikan kalimat umum dari kalimat-kalimat tersebut. Jika diperhatikan antara kalimat (1) dan (3) maka kalimat (3) mengemukakan persoalan yang lebih umum. Sedangkan kalimat (1) sebagai harapan setelah persoalan dikemukakan terlebih dahulu. Maka susunan yang tepat adalah (3), (5), (1), (4), (2).
Jawaban A

29.  Pilihan petunjuk tersebut pada dasarnya hanya terdapat tiga pilihan yaitu setelah petunjuk (4) petunjuk berikutnya (1), (3), atau (5). Kata membaca dengan mencari buku secara logika pekerjaan ini harus dimulai dari mencari terlebih dahulu. Maka urutan petunjuk yang tepat yaitu (4), (1), (5), (3), (2).
Jawaban D

30.  Ilustrasi tersebut menjelaskan pemberitahuan kepada seluruh anggota pramuka yang baru untuk mengikuti Persami. Maka isi pengumumannya yang tepat yaitu yang terdapat pada pilihan C. Pilihan A, kesalahan pada pernyataan semua siswa, pilihan B, membingungkan antara anggota yang baru dengan semua anggota. Pilihan D, dalam ilustrasi anggota pramuka yang baru wajib bukan siapa ingin.
Jawaban C

31.  Inti dari ilustrasi tersebut kepala sekolah (Margiyanto) menyuruh wakil kepala sekolah (Joko Sutriyono untuk membuka Persami. Kesalahan pada pilihan A adanya penawaran, pilihan B, bukan ikut tetapi membuka, pilihan C, bukan mendampingi tetapi membuka.
Jawaban D

32.  Gagasan-gagasan utama dari masing-masing paragraf sebagai berikut: gagasan utama paragraf pertama yaitu penanaman nilai budaya Melayu dilakukan sejak anak-anak, gagasan utama paragraf kedua nilai budaya Melayu telah menjadi inti nilai budaya di Melayu. Jadi rangkuman dari bacaan tersebut yaitu: Penanaman nilai budaya Melayu dimulai sejak anak-anak karena nilai budaya Melayu telah menjadi inti nilai budaya di Melayu.
Jawaban B

33.  Teks berita yang sesuai dengan gambar tersebut terdapat pada pilihan C, kalimat pohon kelapa layu. Sedangkan pilihan-pilihan lain hanya mengemukakan secara umum.
Jawaban C

34.  Pada ilustrasi tersebut digambar seorang anak yang tersambar petir ketika sedang bermain layang-layang. Pada pilihan A dan D, tidak ada peristiwa intinya ’tersambar petir’, pilihan C, kesalahan berita bukan di atas rumah.
Jawaban B

35.  Slogan yang tepat mengenai jembatan penyeberangan yang kurang dimanfaatkan ”Manfaatkan aku untuk keselamatan”
Jawaban B

36.  Pembuatan iklan baris harus sesuai dengan data dari barang yang akan dijual/disewakan. Berdasarkan data tersebut maka pilihan A dan B, kesalahannya pada disewakan sedangkan objek tersebut akan dijual, pilihan D tidak jelas objek itu akan dijual atau disewa.
Jawaban C

37.  Pada data tersebut sudah jelas identitas buku yang akan diresensi baik keunggulan maupun kelemahan buku tersebut. Pada pilihan A, keliru dalam mengungkapkan keunggulan buku. Pilihan B, tidak mengemukakan kelemahan buku. Pilihan C, antara keunggulan dengan kelemahan tertukar.
Jawaban D

38.  Penggunaan huruf kapital salah satu diantaranya digunakan pada penulisan nama instansi. Selain itu juga pada penulisan letak geografis yang diikuti namanya.
Jawaban A

39.  Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah tanda koma (,) diletakkan setelah kata dasarnya dan negara karena kata-kata tersebut sebagai pembatas anak kalimat.
Jawaban B

40.  Yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif yaitu penggunaan kata lalu, yang, nya, bagian.
Jawaban C

41.  Kata sapaan anak-anak sudah menunjukkan jamak maka tidak perlu lagi diikuti kata semua. Kata Anda kurang tepat penggunaannya.
Jawaban B

42.  Paragraf pembuka pidato mengemukakan hal-hal yang melatarbelakangi suatu persoalan. Pilihan A, latar belakangnya tidak tepat, pilihan C, ini bukan pembuka pidato tetapi sebagai isi pidato, pilihan D, ini termasuk paragraf penutup.
Jawaban B

43.  Maksud ilustarsi tersebut mengemukakan tentang keadaan perpustakaan yang cukup luas, tetapi koleksi masih kurang yang ada pun sudah kusam.
Jawaban A

44.  Rumusan karya ilmiah yang tepat terdapat pada pilihan C, karena di dalamnya tergambar jawaban yang berupa proses meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Jawaban C

45.  Simpulan karya ilmiah tersebut berisi tentang rendahnya kemampuan membaca siswa SMP Abdi Negara 1 Kaligonda. Maka kalimat saran yang tepat adalah berilah anak tugas-tugas yang berhubungan dengan membaca sebuah bacaan. Pilihan A tidak berhubungan dengan kemampuan anak. Pilihan C dan D tidak ada keterkaitannya dengan rendahnya kemampuan membaca siswa
Jawaban D.

46.  Syarat-syarat pantun: (1) setiap bait terdiri atas 4 baris, (2) setiap baris terdiri atas 8 – 12 suku kata, (3) berima a – b – a – b, (4) baris pertama dan kedua sampiran mengemukakan pelukisan alam, baris ketiga dan keempat isi pantun.
Jawaban B

47.  Melengkapi sebuah puisi dengan kata tertentu harus memperhatikan keutuhan maksud dan kesesuai rima dengan kata atau larik yang sudah ada. Kata gersang agar berima dengan kata panjang, kata ulah agar berima dengan kata serakah.
Jawaban A

48.  Ilustrasi tersebut maksudnya agar kita belajar jangan sekaligus dalam waktu yang lama tetapi sedikit-sedikit dengan terus menerus itu lebih baik.
Jawaban B

49.  Naskah drama yang sesuai dengan cerita tersebut yaitu pilihan C. Karena yang diucapkan dan yang dilakukan (petunjuk laku) sesuai dengan yang terdapay pada cerita.
Jawaban C


50.  Melengkapi sebuah naskah drama harus memperhatikan dialog sebelum dan sesudahnya.
Jawaban C

Pembahasan di atas dilakukan oleh tim dari Penerbit Erlangga. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, silakan download melalui link berikut.





3 komentar:

Hertzer mengatakan...

bang, ada pembahasan simulasi geografi SMA gak??
klo ada share donk..
klo gak kirim ke email ku..
hertzbanoe@yahoo.co.id
thanks sebelumnya..

SB mengatakan...

Maaf, saya hanya punya empat mapel UN SMP. Beli soalnya di mana? Biasanya kl lewat sekolah, sekolah dikasih pembahasannya. Coba tanyakan ke sekolah.

Unknown mengatakan...

ka , kalo UN 2012/2013 MTK. sama IPA ada gak?? kalo ada aku minta link nya doonk.. makasiih sebelumnya :)

Tulisan Populer Pekan ini