Standar Isi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs

Sabjan Badio

Pemerintah telah menetapkan Standar Isi untuk jenjang SMP. Standar Isi tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu Standar Isi untuk Kelas VII, Standar Isi untuk Kelas VIII, dan Standar Isi untuk Kelas IX. Pada tiap-tiap kelas tersebut, Standar Isinya dibagi lagi menjadi semester satu dan semestera dua.

Standar Isi ini terekam dalam Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Berikut petikan Standar Isi untuk Kelas VIII yang dipublikasikan pada buku digital Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Isi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs (BSNP, 2006).

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.  Memahami wacana lisan berbentuk laporan          

1.1   Menganalisis laporan  
1.2   Menanggapi isi laporan   
Berbicara
2.  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara  dan presentasi laporan 


2.1     Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2     Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
Membaca
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

3.1     Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2     Menemukan  tempat  atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang  tertera pada denah 
3.3     Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
Menulis
4.      Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan  petunjuk

4.1     Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2    Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3    Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Mendengarkan
5.      Mengapresiasi   pementasan drama

5.1   Menanggapi unsur pementasan drama   
5.2   Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan drama
Berbicara
6.  Mengungkapkan pikiran dan  perasaan dengan bermain peran

6.1    Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
6.2    Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa   
Membaca
7.  Memahami  teks drama dan novel remaja

7.1   Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
8.      Mengungkapkan  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama

8.1    Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan     memperhatikan keaslian ide 
8.2    Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan       memperhatikan kaidah penulisan naskah drama



Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami isi berita dari radio/televisi

9.1    Menemukan  pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton  melalui radio/televisi   
9.2    Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton  melalui radio/televisi   
Berbicara
10.  Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan   diskusi dan protokoler     

10.1  Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan  pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
10.2  Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun
Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring

11.1  Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2  Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif  
11.3  Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Menulis
12.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk  rangkuman, teks berita, slogan/poster  

12.2  Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3  Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13.  Memahami unsur intrinsik novel  remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan

13.1  Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja         (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.2  Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan   
13.3  Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan   
Berbicara
14.  Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi

14.1  Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
  14.2  Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Membaca
15.  Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi 

15.1  Menjelaskan  alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2  Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi  
Menulis
16.   Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas

16.1  Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 
16.2  Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan 


2 komentar:

Siska mengatakan...

Informasi ini sudah seharusnya dimiliki oleh semua guru. Walaupun begitu, pembagian lewat jaringan internet seperti ini lebih memudahkan bagi guru yang ingin mendapatkannya (terutama saat data ketinggalan atau tidak ditemukan).

SB mengatakan...

@ Siska
Silakan dimanfaatkan.

Tulisan Populer Pekan ini