Sabjan Badio
Pemerintah telah menetapkan Standar Isi untuk jenjang SMP. Standar Isi tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu Standar Isi untuk Kelas VII, Standar Isi untuk Kelas VIII, dan Standar Isi untuk Kelas IX. Pada tiap-tiap kelas tersebut, Standar Isinya dibagi lagi menjadi semester satu dan semestera dua.
Pemerintah telah menetapkan Standar Isi untuk jenjang SMP. Standar Isi tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu Standar Isi untuk Kelas VII, Standar Isi untuk Kelas VIII, dan Standar Isi untuk Kelas IX. Pada tiap-tiap kelas tersebut, Standar Isinya dibagi lagi menjadi semester satu dan semestera dua.
Standar Isi ini terekam dalam Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Berikut petikan Standar Isi untuk Kelas VIII yang dipublikasikan pada buku digital Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Isi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs (BSNP, 2006).
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami isi berita dari radio/televisi
|
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton melalui radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
|
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Membaca
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
|
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Menulis
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
2 komentar:
Informasi ini sudah seharusnya dimiliki oleh semua guru. Walaupun begitu, pembagian lewat jaringan internet seperti ini lebih memudahkan bagi guru yang ingin mendapatkannya (terutama saat data ketinggalan atau tidak ditemukan).
@ Siska
Silakan dimanfaatkan.
Posting Komentar