Jadwal Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/SMALB/SMP/MTs/SMPLB 2012

Sabjan Badio

Setelah mengikuti Ujian Nasional, hal yang paling ditunggu oleh siswa-siswi adalah pengumuman kelulusan. Tidak perlu repot menunggu dan mencari ke mana-mana. Pemerintah melalui Peraturan BSNP No. 0011/P/BSNP/XII/2011 telah menetapkan bahwa kelulusan diumumkan oleh satuan pendidikan tempat siswa bersekolah. Tentu saja, karena setelah UN, faktor-faktor lain kelulusan berada di "tangan" sekolah.

Mengenai tanggalnya, BSNP menetapkan sebagai berikut.
Sekolah/madrasah mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat:
a. tanggal 26 Mei 2012 untuk SMA/MA dan SMK                      
b. tanggal 2 Juni 2012 untuk SMP/MTs, SMPLB, dan SMALB.

Sambil menunggu pengumuman, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Jangan langsung melupakan sekolah. Sekali-sekali berkunjunglah ke sekolah, kalau perlu tiap hari. Tujuannya, agar kita tahu informasi terbaru, termasuk hal-hal yang harus kita lakukan. Siapa tahu ada kekurangan yang harus kita penuhi, jika tidak dipenuhi bisa menyebabkan ketidaklulusan.
  2. Minta doalah kepada orang-orang terdekat, terutama kedua orang tua dan guru-guru kita. Semoga hasil yang diumumkan nantinya sesuai dengan yang kita harapkan.
  3. Mulailah mencari sekolah lanjutan, SMA/SMK/MA/SMALB untuk peserta UN SMP dan perguruan tinggi untuk siswa SMA/SMK/MA/SMALB, khususnya informasi tentang penerimaan dan persyaratannya. Jangan terlena, bisa-bisa nanti tidak mendapatkan sekolah yang diinginkan.
  4. Terakhir, serahkan hasil akhirnya kepada Tuhan. Semua yang kita alami, setelah usaha yang maksimal, adalah ketentuan yang harus kita hadapi.

Selamat menunggu pengumuman kelulusan, semoga semua yang patut akan lulus dengan hasil yang sesuai.


0 komentar:

Tulisan Populer Pekan ini