Menulis Rangkuman Isi Buku Ilmu Pengetahuan Populer

Sabjan Badio
SMP Ali Maksum

Jenjang
SMP
Kelas
VIII
SK
Mengungkapkan informasi dalam bentuk  rangkuman, teks berita, slogan/poster  
KD

futureworks.co.in
Sebelum kita sampai kepada tahapan menulis rangkuman, terlebih dahulu kita harus memahami pengertian kata rangkuman dan populer. Jika kita lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia, rangkuman disinonimkan dengan ringkasan dan ikhtisar. Ikhtisar sendiri diartikan sebagai pemandangan secara ringkas atau yang penting-penting saja. Dengan begitu, rangkuman buku dapat didefinisikan sebagai gambaran ringkas/sekilas atau pokok-pokok bahasan sebuah buku. Otomatis, buku yang dimaksud adalah buku ilmu pengetahuan populer.

Lalu, buku pengetahuan populer itu sendiri apa? Masih berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, populer dimaksudkan dikenal banyak orang, disukai banyak orang, atau sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Jadi, buku ilmu pengetahuan populer adalah buku yang dikenal, disukai, dan dibutuhkan oleh banyak orang atau masyarakat umum (bukan hanya golongan tertentu).

Apakah Anda memiliki buku teks bahasa Indonesia? Apakah buku tersebut menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya? Jelas tidak, buku tersebut dibutuhkan orang yang sedang belajar bahasa Indonesia (golongan tertentu). Buku bahasa Indonesia kelas VIII dibutuhkan oleh orang yang sedang mempelajari bahasa Indonesia kelas VIII atau mereka yang sedang duduk di kelas VIII SMP/MTs.

Lalu, bagaimana dengan buku yang berjudul Mengenali Karakter Anak Melalui Golongan Darah? Apakah buku ini dimungkinkan disukai atau dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya? Jika iya, berarti buku ini dinamakan buku pengetahuan populer.

Beda Rangkuman dengan Kesimpulan

Kesimpulan dapat diartikan sebagai pendapat akhir bedasarkan uraian sebelumnya. Hal ini berbeda dengan rangkuman yang hanya menyampaikan data-data dalam bentuk ringkas. Dengan kata lain, dalam kesimpulan kita boleh berpendapat, tentu saja pendapat tersebut berdasarkan data-data atau uraian yang telah disampaikan. Sementara itu, rangkuman adalah versi ringkas dari uraian tersebut.

Langkah-langkah Menulis Rangkuman
  1. Membaca
    Carilah buku pengetahuan populer, bisa dengan membelinya di toko buku, meninjamnya pada
    teman, atau meminjamnya di perpustakaan. Bacalah buku tersebut secara keseluruhan.
  2. Mencatat hal-hal penting
    Sambil membaca, jangan lupa mencatat hal-hal penting. Hindari penggunaan pensil apalagi stabilo. Hal ini akan bermasalah jika buku yang kalian baca merupakan buku pinjaman. Jika pun buku sendiri, tentu kalian akan kesulitan menemukan lagi bagian-bagian yang telah ditandai. Cara yang direkomendasikan adalah dengan membuat catatan-catatan kecil di buku tulis.
  3. Memetakan hasil pembacaan dan pencatatan
    Gunakan catatan kalian tersebut untuk memetakan materi buku. Pemetaan ini juga bisa berdasarkan bab-bab buku.
  4. Menuliskan kembali menjadi kalimat-kalimat dan/atau paragraf-paragraf utuh
    Langkah terakhir, menuliskan catatan berserta pemetaan yang telah dilakukan menjadi kalimat-kalimat dan/atau paragraf-paragraf sehingga dengan membaca tulisan tersebut orang lain dapat mengetahui gambaran ringkas atau hal-hal pokok isi buku pengetahuan populer tersebut. 
    Berikut contoh rangkuman buku Cara Menuju Sukses (Kisyani, 2008: 7-8).

    Cara menuju sukses adalah dengan memanfaatkan tiga lingkaran sukses, yaitu karier, perkembangan pribadi, dan hubungan baik dengan lingkungan.


    Karier meliputi kegiatan mengerjakan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya serta kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Perkembangan pribadi mencakup usaha untuk lebih mengenal diri sendiri, kebutuhan, dan keinginan, menentukan apa makna sukses dan pencapaian harga diri. Hubungan baik berupa usaha lebih akrab dengan lingkungannya (orang tua, teman di sekolah, masyarakat di sekitar rumah, atau masyarakat di lingkungan organisasi yang diikuti).

    Langkah menuju sukses mencakup empat langkah. Langkah pertama, yaitu memastikan identitas dengan mengenali diri sendiri, membangun kesuksesan dengan memahami diri sendiri, mengatasi rintangan, dan berpikir positif. Langkah kedua, ciptakan visimu, yaitu memiliki visi hidup, memutuskan arah, dan selangkah demi selangkah mewujudkan visi dengan membuat daftar, memanfaatkan imajinasimu, menentukan target, menentukan sosok panutan, dan menjaga diri agar fokus. Langkah ketiga, buat rencana perjalanan, maju selangkah demi selangkah, menempuh dan menjaga agar tetap di jalur, meningkatkan keterampilan mengatur waktu, dan periksa kemajuanmu. Langkah keempat, kuasai perjalananmu! Dalam hal ini remaja diharapkan tahan banting menghadapi ujian yang menghadang.

    Daftar Pustaka
    Laksono, Kisyani. 2008. Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas RI.
    KBBI Daring


5 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih telah berbagi. Jika semua guru bisa berbagi seperti ini, saya kira pendidikan akan lebih maju.

Siska Yuniati mengatakan...

Ditunggu materi lain.

SB mengatakan...

OK

raihan mengatakan...

UN 2015 materinya masih sama?

Matsagi mengatakan...

Ditunggu tulisan-tulisan lain.

Tulisan Populer Pekan ini