Kunci Jawaban dan Pembahasan Simulasi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2012 Penerbit Erlangga (1)



Paket 1

1.    Gagasan utama merupakan pokok persoalan yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut yaitu penobatan rendang sebagai makanan terlezat (pilihan A), sedangankan pilihan-pilihan lain sebagai hal yang melatarbelakangi dari gagasan utama. Misalnya pilihan B dan D sebagai latarbelakangi. Sedangkan pilihan C merupakan dampak dari gagasan utama.
Jawaban A

2.    Simpulan merupakan pendapat akhir dari pembaca. Dalam menyimpulkan bahasa yang dipakai adalah bahasa si penyimpul. Pada bacaan tersebut simpulannya yaitu suatu tindakan memerlukan keberanian. Karena seorang Rosita tidak ragu untuk keluar dari pekerjaannya yang sudah mapan.
Jawaban B

3.    Keistimewaan suatu tokoh yaitu kelebihan yang dimiliki seseorang dan tidak/jarang dimiliki orang lain. Keistimewaan tokoh tersebut yaitu pantang mengalah dalam segala hal. Sedangkan pilihan-pilihan lainnya merupakan hal-hal biasa.
Jawaban C

4.    Sifat baik dari tokoh yang dapat diteladani dari tokoh tersebut semangat dan gigih dalam mendapatkan sesuatu. Hal ini dapat diikuti atau diteladani oleh yang lain. Sedangkan pilihan A, B, dan C merupakan hal yang agak sulit diikuti yang lain.
Jawaban D

5.    Persamaan ide kedua artikel tersebut yaitu masalah cara pengawetan mayat. Pilihan B, hanya dikemukakan pada artikel 2, pilihan C terdapat pada artikel 1, pilihan D, terdapat pada artikel 1.
Jawaban A

6.    Perbedaan pokok berita kedua kutipan berita tersebut terletak pada pokok berita yang berhubungan dengan tempat ( di mana).
Jawaban B

7.    Kalimat fakta yang terdapat pada iklan tersebut yaitu bagian nomor (2). Pilihan A, C, dan D merupakan pendapat. Hal ini karena terdapatnya unsur-unsur yang bersifat subjektif. Kata-kata tersebut besar-besaran (1), hanya, sudah bisa (3), sedang ngetren (4) itu semua kata kunci dari sebuah opin.
Jawaban B

8.    Penjelasan yang tepat kalimat nomor (2) yaitu koran pertama menerapkan penjualannya dengan mesin.
Jawaban B

9.    Gelandang olahraga terletak sebelah barat Jln.Matahari Raya dan sebelah utara Jln Venus. Perhatikan petunjuk arah mata angin jika ke atas menunjukkan utara maka bawah menunjukkan selatan dan seterusnya.
Jawaban B

10.  Perjalanan paling efektif dari Jalan Merkurius (depan Gelanggang olahraga), Jln Matahari Raya, Jln Tata Surya, RS Waluyo.
Jawaban A

11.  Penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut terdapat pada pilihan C (konsumsi BBM Bersubsidi dari tahun 2009 hingga 2011 terus meningkat). Penjelasan tersebut sesuai dengan isi grafik.
Jawaban C

12.  Pilihan A dan B simpulan tersebut tidak benar karena pada tabel tersebut masih klasemen sementara. Sedangkan pilihan C tidak sesuai dengan fakta yang ada pada tabel.
Jawaban D

13.  Tema puisi tersebut yaitu sebuah perjuangan. Perjuangan seseorang sejak pagi buta sudah memikul mainan anak-anak untuk dijual.
Jawaban B

14.  Suara terjepit dalam doa sebuah majas personifikasi, mengibaratkan suara dengan makhluk hidup.
Jawaban A

15.  Pesan sebuah puisi suatu nasihat, pelajaran yang akan disampaikan penyair melalui puisinya. Pada puisi 1, pilihan A dan D maknanya sudah tercakup dalam pilihan B, sedangkan pilihan C tidak ada hubungannya dengan puisi.
Jawaban B

16.  Latar sebuah cerita yaitu waktu dan tempat terjadinya suatu peristiwa. Pada cerita tersebut terjadi di jalan buktiny terdapat pada bagian (7), sedangkan waktunya hari Sabtu bukti terdapat pada bagian (2)
Jawaban A

17.  Sari berwatak rajin membantu ibu hal ini terlihat pada bagian (2) ”Sama Ra. Aku bantu Ibu bikin kue...”
Jawaban B

18.  Pada kutipan cerita tersebut pengarang menggambar watak tokoh-tokohnya dengan percakapan/pembicaraan tokoh-tokohnya (percakapan Sara dengan Sari). Sedangkan yang langsung digambar langsung pengarang pada kutipan cerita tersebut bukan watak tetapi gambaran fisik tokoh.
Jawaban B

19.  Amanat cerita suatu pelajaran/nasihat yang dapat diambil dari sebuah cerita. Pada kutipan cerita tersebut diamanat bagaimana dalam keluarga untuk saling memberi perhatian sesama anggota keluarga. Memberi ucapan dan kado ulang tahun adalah salah satu bentuk perhatian.
Jawaban C

20.  Dalam tahapan alur cerita secara umum dibagi dalam 5 tahap: perkenalan tokoh dan masalah, tokoh dan masalah mulai bermasalah, konflik puncak antara tokoh-tokoh/masalahnya, adanya usaha penyelesaian, penyelesaian. Konflik sebagai puncak ketegangan dapat terjadi antartokoh atau tokoh dengan dirinya. Pada kutipan cerita tersebut konfliknya yaitu antara tokoh dengan keinginan Siti (anaknya). Di satu sisi dia ingin mengabulkan keinginan anaknya, di sisi lain dia tidak mampu memenuhi keinginan anaknya karena keterbatasannya.
Jawaban B

21.  Etika merupakan tatacara dalam pergaulan yang diterima positif oleh lingkungan. Etika berbeda dengan kewajiban. Pilihan B dan D sebuah kewajiban, sedangkan pilihan C merupakan perbuatan hal yang harus dilakukan sebagai makhluk sosial. Tetapi mendengarkan pembicaraan orag dengan sungguh-sunguh dan antusias ini sebuah etika dalam pergaulan.
Jawaban A

22.  Karakteristik sebuah novel merupakan bentuk intrinsik maupun ekstrinsik yang ditampilkan. Oleh karena karakteristik sebuah novel dapat dilihat dari tema, latar yang dikemukakn, sudut pandang yang digunakan pengarang, penggambaran tokoh-tokohnya, dsb. Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut terletak pada jumlah tokoh yang ditampilkan oleh pengarang. Pada novel 1, pengarang menampilkan 2 tokoh, sedangkan pada novel 2, pengarang menampilkan 1 tokoh.
Jawaban B

23.  Suasana dalam sebuah drama akan terlihat penampilan tata lampu, tata busana, dan dialog tokoh-tokohnya. Suasana dalam yaitu suasana yang terbentuk secara keseluruhan. Suasana yang terdapat pada kutipan drama tersebut adanya ketegangan. Hal ini terlihat dari dialog tokoh Asmadiputra, seorang teman yang mengingat Kartili, seorang dokter yang teguh mempertahankan prinsipnya.
Jawaban D

24.  Latar tempat pada kutipan naskah drama tersebut di sebuah warung kopi, terlihat pada petunjuk laku dialog pertama Asmadiputra.
Jawaban C

25.  Catatan buku harian merupakan catatan seseorang yang mencatat semua kejadia yang dialami orang tersebut. Karena catatan buku harian ditulis oleh orang yang bersangkutan maka sudut pandang yang dipakainya sudut pandang orang pertama. Pilihan A, C, dan D sebenar sudah menggunakan sudut pandang orang pertama tetapi isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
Jawaban B

26.  Surat pribadi surat yang disampaikan seseorang kepada orang lain dalam hal urusan yang bersifat pribadi. Bahasa dan susunannya pun tidak ada kebakuan. Maksud ilustrasi tersebut yaitu Gilang meminta bantuan kepada kakaknya, Chandra, untuk memberikan ketiga hal yang disebutkan dalam ilustrasi tersebut.
Jawaban D

27.  Dalam mengakhir sebuah surat dinas kita gunakan bahasa yang standar dan sesuai dengan isi surat. Pilihan B, untuk mengakhiri surat tidak perlu disebutkan kembali kalau akan mengakhiri, pilihan C, menutup surat tidak sama seperti menutup suatu acara, pilihan D penggunaan bahasa banyak-banyak terima kasih kurang tepat.
Jawaban A

28.  Paragraf laporan ini menggunakan paragraf deduktif. Di mana hal yang bersif umum dikemukakan terlebih dahulu ”Daerah Kedewan di Bojonegoro, Jawa Timur, sangat gersang” . Jadi urutan yang tepat yaitu: (2), (6), (1), (5), (3), (4)
Jawaban B

29.  Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu harus memperhatikan kata-kata yang menunjukkan petunjuk itu dilakukan setelah petunjuk lain. Pada pilihan soal tersebut ada dua pilihan yaitu: pilihan yang dimulai dengan petunjuk (1) dan pilihan yang dimulai dengan petunjuk (3). Jika diperhatikan petunjuk (1) tidak mungkin dilakukan diawal karena ada kata aduk rata kembali. Jadi urutannya yang tepat adalah (3), (5), (1), (6), (2), (4)
Jawaban C

30.  Ilustrasi tersebut maksudnya pemberitahuan dari Majalah Dinding Cerdas masalah lomba menggambar kartun bertema lingkungan. Dan gambar tersebut diterima panitia paling lambat tanggal 20 April 2012.
Jawaban C

31.  Ilustrasi tersebut maksudnya Pembina OSIS Pertiwi meminta Pembina Pramuka, Ibu Metrin Evivi untuk bersama-sama Pembina OSIS rapat di Kwarcab, hari Senin, 19 Desember 2011, pukul 10.00.
Jawaban D

32.  Rangkuman salah satu mereproduksi kembali bacaan dalam bentuk yang lebih singkat. Dalam merangkum harus ditentukan terlebih dahulu gagasan-gagasan utama dari masing-masing paragraf. Gagasan-gagasan tersebut digabungkan menjadi sebuah kalimat. Pada bacaan tersebut gagasan utama paragraf pertama yaitu: kuda laut termasuk ikan istimewa, paragraf kedua keistimewaannya diantaranya pejantan yang menyimpan telur.
Jawaban A

33.  Gambar tersebut menunjukkan sebuah keadaan yang porakporanda akibat terjangan banji bandang.
Jawaban D

34.  Ilustrasi, angin puting beliung melanda daerah-daearh yang berada di pesisir Pulau Jawa. Daerah yang tersapu/terlewati angin tersebut mengalami kerusakan. Pilihan A, itu daerah selatan Pulau Jawa dan berita tersebut mengarah ke bencana banjir, pilihan C, bukan berita tetapi hal mengenai angin puting beliung, pilihan D, berita tidak terfocus pada satu persoalan.
Jawaban B

35.  Slogan sebuah ungkapan/pernyataan pendek yang mangandung sugestif tinggi. Pada slogan biasa terdapat dua bagian. Slogan yang sesuai dengan ilustrasi yaitu pada pilihan B
Jawaban B

36.  Pada iklan baris objek yang akan diiklan harus jelas dan lengkap. Pada pilihan A, tidak menyebutkan warna padahal warna sangat penting bagi pembeli, pilihan B, tidak mencantumkan tangan pertama dan nego, ini juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi pembeli. Pilihan D, tidak dicantumkan nego (tawar-menawar)
Jawaban C

37.  Paragraf resensi sesuai dengan data-data tersebut yaitu pada pilihan C. Pada pilihan A, kontardiktif dengan yang tercantum pada data, pilihan B, tidak menuliskan kelebihan dan kelemahan buku, pilihan D, antara keunggulan dan kelemahan disampaikan dengan tidak teratur.
Jawaban C

38.  Huruf kapital selain digunakan pada awal kalimat juga digunakan pada penulisan daerah geografi yang diikuti namanya.
Jawaban B

39.  Tanda titik dua (:) digunakan pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian. Sedangkan tanda koma (,) digunakan di antara unsur-unsur dalam suatu perincian.
Jawaban B

40.  Ketidakefektifan pilihan A, terletak pada penulisan sangat berat, sesaat, pilihan B penulisan ini wanita, pilihan C, penggunaan kata dengan dan untuk.
Jawaban D

41.  Penggunaan kata para, hadirin, dan semua sudah menunjukkan jamak. Jadi kata-kata tersebut digunakan salah satu saja.
Jawaban C

42.  Paragraf pembuka pidato selain ucapan salam, ucapan syukur, dan sapaan, juga mengemukakan hal-hal yang melatarbelakangi persoalan yang akan dikemukakan dalam isi pidato.
Jawaban C

43.  Dalam surat pembaca selain menyampaikan fakta yang ada juga harus menyampaikan harapan untuk mengubah fakta tersebut dan kepada siapa harapan tersebut disampaikan. Pilihan A, bukan menyelesaikan persoalan, air yang cukup tidak ada hubungan dengan tulisan di tembok, pilihan B dan D, tidak mengemukakan secara objektif misalnya lingkungan yang nyaman.
Jawaban C

44.  Rumusan maslah karya ilmiah disampaikan dalam bentuk kalimat tanya yang jawabannya terbayang sebuah proses penyelesaian. Rumusan masalah karya ilmiah juga harus sesuai dengan temanya.
Jawaban B

45.  Kalimat saran dalam bagian penutup karya ilmiah harus sesuai dengan simpulan karya ilmiah tersebut. Simpulan karya ilmiah tersebut mengemukakan mengenai persoalan keharmonsan keluarga dalam hubungannya dengan prestasi siswa. Maka saran yang sesuai dengan simpulan tersebut yaitu jalin komunikasi yang baik di antara anggota keluarga.
Jawaban B

46.  Syarat-syarat pantun: (1) setiap bait terdiri atas 4 baris, (2) setiap baris terdiri atas 8 – 12 suku kata, (3) berima a – b – a – b, (4) baris pertama dan kedua sampiran mengemukakan pelukisan alam, baris ketiga dan keempat isi pantun.
Jawaban B

47.  Melengkapi sebuah puisi dengan kata tertentu harus memperhatikan keutuhan maksud dan kesesuai rima dengan kata atau larik yang sudah ada.
Jawaban D

48.  Ilustarsi tersebut menggambar kebanggan Ahmad menjuari kejuaran bulu tangkis. Walaupun pada awalnya dia ragu.
Jawaban B

49.  Mengubah cerpen menjadi bentuk naskah drama harus memperhatikan ucapan dan tingkah laku tokoh. Ucapan dimasukkan dalam dialog sedangkan tingkah laku tokoh dimasukkan dalam petunjuk laku. Pada cerpen tersebut ada dua tokoh yang aktif berbicara dan berbuat (Budi dan Ibu)
Jawaban B

50.  Melengkapai dialog dalam naskah drama harus memperhatikan dialog sebelum dan dialog sesuadahnya. Hal ini dimaksudkan agar dialogi yang dimasukkan pada bagian yang rumpang menjadi padu.
Jawaban C

Pembahasan di atas dilakukan oleh tim dari Penerbit Erlangga. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, silakan download melalui link berikut.

Download kunci jawaban dan pembahasan
Simulasi Ujian Nasional Penerbit Erlangga 2012 Paket 1.



0 komentar:

Tulisan Populer Pekan ini