Kunci Jawaban dan Pembahasan Simulasi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2012 Penerbit Erlangga (2)

Paket 2

1.    Gagasan utama paragraf tersebut mengenai faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca siswa. Pilihan B, C, dan D termasuk dalam faktor-foktor tersebut.
Jawaban A

2.    Simpulan bacaan tersebut keterpaduan antarkomponen di sekolah menciptakan kenyamanan belajar. Pada pilihan B dan C, simpulan tersebut tidak sesuai dengan isi bacaan, pilihan D, bukan sebuah simpulam tetapi pernyataan biasa saja.
Jawaban A

3.    Keistimewaan tokoh tersebut yaitu ikut memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pilihan A, B, dan D mungkin banyak orang dapat melakukannya. Tetapi yang pilihan A hanya dua orang yang berkesempatan seperti itu.
Jawaban C

4.    Hal yang dapat diteladani atau ditiru yaitu semangat dan gigihnya dalam memperjuangkan sesuatu. Hal seperti itu semua bisa mengikuti yang penting mempunyai kemauan. Sedangkan pilihan A, B, dan C tidak bisa hanya dengan bermodalkan kemauan saja, ada faktor lain.
Jawaban D

5.    Persamaan ide kedua berita tersebut terletak pada survei terhadap sumber air. Pilihan A, hanya terdapat pada berita 1, pilihan B dan C, hanya dikemukakan pada berita 2,
Jawaban D

6.    Perbedaan penyajian kedua berita tersebut terletak pada berita 1 diakhiri dengan kapan, berita 2 diakhiri dengan mengapa.
Jawaban C

7.    Kalimat yang menunjukan fakta pada iklan tersebut yaitu tipe 36/80, sedangkan pilihan B, C, dan D masih nampak unsur sbjetivitasnya (opini)
Jawaban A

8.    Maksud kalimat (2) pada iklan tersebut yaitu bahwa dengan hanya mengisi ulang Rp10.000 akan mendapatkan ratusan sms gratis.
Jawaban D

9.    Kantor bupati terletak di sebelah barat gedung DPRD
Jawaban A

10.  Perjalanan paling efektif dari utara Jalan Beruang adalah Jalan Beruang, Jalan Macan, Jalan Badak, Gedung Pertemuan.
Jawaban D

11.  Penjelasan yang tepat isi grafik tersebut terdapat pada pilihan B, peningkatan jumlah anggota yang sangat tinggi terjadi pada tahun 2009. Pilihan A, faktanya pada tahun 2010 menurun, pilihan C, grafik dimulai tahun 2007 sehingga tahun sebelumnya tidak tahu meningkat/menurun, pilihan D, ini penafsiran yang tidak bisa dibenarkan.
Jawaban B

12.  Simpulan dari tabel tersebut yaitu nilai rata-rata setiap tahun selalu meningkat. Sedangkan pilihan lainnya hanya mengemukakan bagian dari tabel tersebut: pilihan B, C, dan D, hanya mengemukakan mata pelajaran Bahasa Indonesia itu pun faktanya tidak benar.
Jawaban A

13.  Tema puisi tersebut yaitu sebuah penantian, perhatikan baris kedua dan ketiga, jelas sekali terlihat sebuah perasaan yang sedang menunggu sesuatu yang akan datang. Pilihan B dan C tidak sesuai dengan isi puisi tersebut. Pada pilihan D pengharapan biasanya mengharapkan sesuatu keadaan.
Jawaban A

14.  Majas pada puisi tersebut terdapat pada pilihan C, (bait kedua, baris kedua) digunakan majas personifikasi.
Jawaban C

15.  Pesan yang disampaikan pada puisi 1 bagaiman sebuah perasaan disampaikan dengan untaian kata yang indah, sedangkan pesan pada puisi 2 bahwa sesuatu itu harus dikerjakan dengan semangat.
Jawaban B

16.  Latar pada kutipan cerita tersebut terjadi di rumah pada malam hari. Hal ini ditunjukkan pada bagian (3). Sedangkan pada bagian (4) dan (5) tidak terlalu dijelaskan peristiwanya dan itu terjadi karena peristiwa sebelumnya.
Jawaban A

17.  Ibu Osman seorang ibu penyayang kepada anak-anaknya terlihat pada bagian (4) di sini aksinya ditunjukkan oleh Ibu Osman kepada anaknya.
Jawaban C

18.  Pengarang menggambarkan watak Ibu Osman dengan cara memaparkan tingkah laku dan perbuatan tokoh itu sendiri. Gambaran watak Ibu Osman terlihat pada tindakannya ketika dia menggendong anaknya untuk dibawa ke dokter walau dalam keadaan gelap dan hujan.
Jawaban D

19.  Amanat yang terdapat pada kutipan puisi tersebut yaitu kita jangan menyusahkan orangtua sendiri karena ingin membahagiakan teman. Pilihan B, C, dan D perbuatan-perbuatan yang akan menyusahkan orang tua saja.
Jawaban A

20.  Konflik itu justru ketika Bu guru Rahayu tidak mengajar lagi, tokoh aku mulai merasakan ada sesuatu yang kurang. Hal ini terlihat pada bagian akhir kutipan cerita tersebut. Konflik yang terjadi tokoh dengan perasaannya.
Jawaban B

21.  Di beberapa daerah masih mengharus pernikahan berasal dari status yang sama. Maka timbullah perjodohan. Ini merpakan adat suatu daerah.
Jawaban B

22.  Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut terletak pada sudut pandang yang terdapat pada kedua kutipan novel tersebut. Novel 1 menggunakan sudut pandang orang pertama pengarang sebagai pelaku utamanya, sedang novel 2 menggunakan sudut pandang orang ketiga di mana pengarang berada di luar cerita.
Jawaban D

23.  Suasana yang tergambar pada kutipan naskah drama tersebut yaitu tegang hal ini disebabkan perselisihan pahan antara kakek dengan bapak dari sinilah ketegangan terjadi.
Jawaban B

24.  Latar tempat yang terjadi pada kutipan naskah drama tersebut terjadi di gedung pertunjukkan coba perhatikan ketika kakek berbicara dia tunjukkan kepada penonton.
Jawaban D

25.  Pilihan A bukan catatan buku harian karena penulis menceritakan peristiwa yang dialami orang lain, pilihan C dan D, tidak sesuai dengan ilustrasi karena dalam ilustrasi yang terpeleset kudanya bukan Faisal.
Jawaban B

26.  Dalam ilustrasi tersebut Susi merindukan Ina yang tinggal di Surabaya. Dia bermaksud mengunjungi Ina di Surabaya. Isi surat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut terdapat pada pilihan B. Pilihan A dan C adanya kontradiktif dengan ilustrasi. Sedangkan pada pilihan D, tidak sesuai dengan ilustrasi.
Jawaban B

27.  Penutup surat yang baik sesuai dengan isi surat dan orang yang dituju, maka sapaan Bapak/Ibu yang tepat. Atas perhatian Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih. Pilihan A peletakkan kata perhatian pada awal kalimat menjadi kurang jelas. Pilihan C dan D kurang tepat penggunaan kata sapaannya.
Jawaban B

28.  Paragraf yang digunakan pada laporan tersebut yaitu paragraf deduktif. Maka paragraf laporan tersebut dimulai dari hal yang bersifat umum/simpulan, yaitu kalimat (3). Urutan yang tepat yaitu (3), (1), (4), (5), (2)
Jawaban D

29.  Penggunaan sebuah produk kita perlu memakainya dulu. Perhatikan kalimat (1), (2), (3), dan (5) dari keempat kalimat terbut mana yang cocok untuk memulai sutau kegiatan. Kalimat (2) dan (3) tidak ocok untuk mengawali suatu kegiatan karena kalimat-kalimat ini terkandung makna bahwa ini dilakukan setelah melakukan yang lain. Begitu pun kalimat (1).
Jawaban B

30.  Maksud ilustrasi tersebut yaitu pemberitahuan kepada siswa yang akan mengikuti lomba cipta puisi dan menulis cerpen supaya mendaftarkan diri di ruang OSIS. Pilihan A, kesalahan terletak pada jenis yang lombakan, pilihan C kesalahan terletak pada jenis kegiatan, sedangkan pilihan D kesalahan terletak selain pada jenis lomba juga lomba tersebut ditujukan kepada siapa.
Jawaban B

31.  Isi ilustrasi tersebut yaitu kepala desa memberikan mandat kepada seluruh RT untuk mengajak warganya melaksanakan kerja bakti. Pesan singkat tersebut dari kepala desa kepada ketua RT. Pilihan A, pesan dari RT kepada warga, pilihan B, bukan bentuk pesan singkat, pilihan D, tidak sesuai dengan perintah.
Jawaban C

32.  Gagasan utama paragraf petama bacaan tersebut yaitu smartphone sedang digandrungi saat ini Blackberry Messenger, sedangkan gagasan utama paragraf kedua bacaan tersebut yaitu Blackberry Messenger karena aplikasinya. Maka rangkuman smartphone yang sedang digandrungi saat ini yaitu Blackberry Messenger karena aplikasinya.
Jawaban B

33.  Gambar tersebut memperlihatkan kemacetan lalulintas yang disebabkan karena kurang disiplinnya pengguna jalan baik kendaraan bermotor maupun yang lainnya.
Jawaban D

34.  Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tesebut terdapat pada pilihan A. Pada pilihan B, C, dan D peristiwanya tidak sesuai dengan ilustrasi.
Jawaban A

35.  Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yaitu Bersih sekolahku semangat belajarku. Pada pilihan A dan B tidak sesuai dengan ilustrasi.
Jawaban C

36.  Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yang terdapat pada pilihan A. Pada pilihan B dan C, data luas bangunan dan luas tanah terbalik, pada pilihan D status tanah tidak disebutkan.
Jawaban A

37.  Paragraf resensi yang sesuai dengan data buku tersebut yaitu yang terdapat pada pilihan A. Pada pilihan B , C, dan D tidak mengemukakan kelemahan buku.
Jawaban A

38.  Pengggunaaan huruf kapital selain pada awal kalimat juga digunakan pada nama geografis yang diikuti dengan namanya. Pada kalimat tersebut penggunaan yang tepat terdapat pada pilihan B (Candi ini berdiri di lereng barat Gunung Lawu, pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.)
Jawaban B

39.  Penggunaan tanda koma (,)setelah kata kemarin dan kata sayangnya. Sedangkan setelah kata MA karena akhir kalimat diakhiri dengan tanda titik (.)
Jawaban B

40.  Penggunaan kata kepada pada awal kalimat tidak efektif, begitu pun kata siswa karena sudah ada kata peserta, begitu juga kata segera ini yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif.
Jawaban B

41.  Penggunaan kata kepada pada awal kalimat kurang tepat, begitu pun kata bapak harus diikuti namanya bukan jabatannya.
Jawaban C

42.  Rina mewakili teman-teman kelas IX isi pidato Rina sesuai pada pilihan C. Pada pilihan A, bukan paragraf isi pidato tetapi paragraf pembuka pidato, pilihan B dan D, berisi paragraf penutup pidato
Jawaban C

43.  Dalam surat pembaca adanya sebuah ajakan dan himbauan. Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yaitu pada pilihan A. Pada pilihan B, C, dan D hanya mengemukakan hal-hal yang berhubungan dengan sampah.
Jawaban A

44.  Rumusan karya ilmiah yang sesuai dengan tema tersebut yaitu : Bagaimana pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tunas bawang? Karena pada pertanyaan tersebut tergambar sebuah proses hubungan sebab akibat.
Jawaban C

45.  Simpulan tersebut berhubungan dengan masalah kenakalan remaja, jadi kalimat saran yang tepat adalah remaja hendaknya menumbuhkan rasa malu berbuat jahat dan takut akibat perbuatan jahat.
Jawaban B

46.  Syarat-syarat pantun sudah dikemukakan pada pembahasan paket 1. Jadi larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut sesuai dengan syarat-syaratnya yaitu (2) mampir sejenak di Surabaya, (3) masa muda disia-siakan.
Jawaban C

47.  Dalam melengkapi sebuah puisi yang rumpang harus diperhatikan kesesuaian rima dan keutuhan maksud. Maka kata yang tepat agar rimanya nyambung yaitu (1) panjang, (2) merintih.
Jawaban D

48.  Ilustrasi tersebut maksudnya bahwa Salahudin malu mengikuti remedial tetapi temannya, Roihan menasihatinya tentang kegagalan Salahudin. Puisi pada pilihan A yang sesuai dengan ilustrasi
Jawaban A

49.  Naskah drama yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut terdapat pada pilihan B. Pada pilihan A dan D, ada kesalahan dialog, pilihan C, penulisan kata Pak Dar dalam naskah drama tidak perlu.
Jawaban B

50.  Untuk melengkapi sebuah naskah drama harus memperhatikan dialog sebelum dan dialog sesudahnya. Dialog yang paling tepat yaitu pilihan C.
Jawaban C

Pembahasan di atas dilakukan oleh tim dari Penerbit Erlangga. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, silakan download melalui link berikut.

Download kunci jawaban dan pembahasan
Simulasi Ujian Nasional Penerbit Erlangga 2012 Paket 2.



0 komentar:

Tulisan Populer Pekan ini